Tuhan selalu beserta kita

Ini adalah kali pertama aku menulis tentang musik di blog ini. Lagu ini adalah salah satu lagu religius. Pertama kali aku lihat di halaman Facebook seseorang, aku lupa siapa. Alasan kenapa aku memilih lagu ini karena selain liriknya memiliki makna yang dalam, tetapi ilustrasi yang ada pada videonya, benar-benar membuatku terharu.

Lirik lagunya menceritakan bahwa ada kalanya sebuah nama hanyalah sekedar nama. Bisa dengan mudah dilupakan, bahkan sesaat setelah disebutkan. Tetapi hanya Satu Nama yang akan tetap tinggal walaupun semuanya berlalu. Nama yang dapat penulis sebutkan ketika dia terbangun dari mimpi buruk yang mengerikan dan membuatnya putus asa. Penulis ingin berdoa, tapi tidak tahu apa yang harus didoakan, yang dilakukan oleh penulis lagu ini adalah hanya mengatakan. Di bagian Reff, penulis memberikan suatu pengakuan tentang Tuhan, yang bersedia datang untuk manusia. Bangsa-bangsa bangkit dan tenggelam, tapi hanya ada Satu Nama yang akan tetap tinggal dan kekal.

Nada pada bait pertama dan kedua pada awalnya biasa saja. Hanya datar saja. Tetapi lagu ini menjadi hidup dan mendapatkan jiwanya di mulai pada kalimat terakhir, menjelang Reff. Perlahan namun pasti, tempo sedikit demi sedikit bertambah. Puncak lagu ini adalah pada bagian terakhir dari Reff. Lagu ini mungkin bagi sebagian orang adalah lagu yang biasa saja, tetapi buat aku,  walaupun dalam kesederhanaan lagu ini indah karena lagu ini berbicara kepada pendengarnya dengan luar biasa.

Ilustrasi yang ditampilkan pada lagu ini benar-benar menyentuh, bahkan dari menit awal. Ide dari ilustrasi lagu ini adalah Tuhan yang selalu beserta kita, siapapun, kapanpun dan dimanapun kita. Yang menarik, bahwa pada ilustrasi ini orang-orang tidak bisa melihat Tuhan, tetapi Tuhan berbicara dan menolong, baik secara langsung maupun melalui orang lain. Aku akan mencoba untuk menuliskan beberapa ilustrasi pada video itu:

  • Seorang pria sedang mengelap dan menyiapkan mobilnya untuk bepergian. Tuhan digambarkan sedang memegang tangan pria itu dan mengelap mobil bersama. Pada akhir ilustrasi, Tuhan duduk dan berangkat bersama.
  • Seorang ibu sedang membuat kue sedangkan anaknya sedang bermain Video Game. Tuhan memperhatikan ketika ibu ini membuat adonan dan memasaknya. Tuhan juga menemani anak yang sedang asyik dengan permainannya. Ketika kue telah matang, Tuhan membisikkan kepada anak itu bahwa kue yang dibuat telah matang. Anak itu bergegas ke ibunya untuk meminta kue itu. Dengan senang hati ibu itu memberikan sepotong kue dan anaknya kelihatan menyukainya.
  • Dua orang petugas sampah sedang memungut dan mengumpulkan sampah. Tuhan juga ada bersama dengan mereka di bagian belakang truk, bahkan yang pertama kali menyeberang dan juga membantu tukang sampah untuk memasukkan sampahnya ke dalam truk.
  • Dua remaja sedang bermain skateboard. Tuhan hadir dan memperhatikan mereka. Satu remaja yang sedang memakai skateboardnya tiba-tiba terjatuh dan segera tangan Tuhan bersama dengan tangan remaja yang satu lagi menolongnya untuk bangkit. Ketika mereka pergipun Tuhan ikut bersama mereka.
  • Beberapa orang sedang melakukan aktivitas, seperti  jogging, berjalan dan bermain dengan anaknya ditaman. Tuhan juga ikut dalam setiap kegiatan yang sedang mereka lakukan.
  • Tuhan berjalan dibelakang bapak yang sedang berjalan ketika hari masih gelap pada jalanan yang sepi.
  • Seorang ibu cleaning service sedang mengepel. Tampak dia agak frustasi dan kecewa karena tidak ada seorangpun yang memperhatikannya, karena masing-masing sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Tuhan berbisik dan ibu inipun tersenyum
  • Seorang anak sedang kesulitan menyelesaikan tugas yang diberikan, sedangkan teman-teman yang lain telah menyelesaikannya. Tampak dia berkali-kali menghapus dan mencoba menyelesaikannya walaupun kelihatan bingung. Tuhan tampak memperhatikan tanpa sepatah kata dan tersenyum, seakan-akan bangga bahwa anak ini tidak menyerah. Kemudian Tuhan juga berbisik kepada guru anak ini yang semula tidak memperhatikannya. Gurunya melihat dan kemudian menolongnya untuk menyelesaikan tugasnya.
  • Seorang gadis tampak masuk terburu-buru dan kebingungan di rumah sakit. Dia tengah khawatir dan bersedih. Tampak Tuhan selalu bersama dengannya. Tuhan mengelus kepalanya untuk menenangkan gadis ini. Dokter kemudian datang dan memberitahukan kabar yang jelas sekali bukan kabar yang baik. Gadis ini kemudian menangis dan hampir terjatuh. Tapi dia dipegang oleh dokter dan Tuhan. Tuhan memeluk ketika gadis ini menangis.
  • Dalam suatu proses persalinan, seorang ibu tampak sangat kesakitan. Hingga akhirnya anaknya lahir dan itu membuat pasangan itu bergembira karena anak mereka telah lahir. Tuhan beserta mereka dalam proses persalinan sampai dengan kelahiran. Dia turut bergembira dan senyum mengembang melihat bayi yang baru lahir ini.
  • Pada pesta pernikahan, ketika dua insan disatukan, Tuhan tampak yang paling keras bertepuk tangan dan paling berbahagia.
  • Seorang gadis sedang menangis dan datang kepada Tuhan yang saat itu sedang berdiri melihat sekeliling. Tuhan melihat, mendekat dan menghiburnya. Gadis ini tersenyum dan menghapus air matanya. Ketika gadis ini pergi, Tuhan ikut bersamanya.

Hal yang kupelajari dari ilustrasi ini adalah Tuhan selalu beserta kita setiap waktu. Sekalipun ketika kita melakukan kegiatan yang remeh. Tuhan selalu menemani orang-orang yang jarang sekali diperhatikan orang lain. Ada kalanya kita merasa putus asa dan frustasi karena merasa tidak dihargai, Tuhan dengan setia ada dan menguatkan kita agar kita dimampukan untuk melewatinya dengan tersenyum.

Tuhan ada ketika kita berhubungan dengan orang-orang yang kita sayangi. Ketika kita jatuh, Tuhan membantu kita berdiri. Ketika suatu masalah yang sangat berat datang, Tuhan ada disamping kita untuk menghibur dan menguatkan. Dengan hangat kasih-Nya, Tuhan memeluk dalam kesedihan kita.

Ketika kita berjalan dalam kegelapan, Tuhan tetap beserta kita dan menjadi pelindung. Tuhan berjalan terlebih dahulu sebelum kita memulai suatu pekerjaan. Tuhan bekerja diluar pemahaman kita. Ketika kita tidak tahu jawaban dan kehilangan tujuan, Tuhan memberi jawaban sesuai dengan cara-Nya, pada waktu-Nya.

Tuhan menghargai setiap usaha kita dan tetap bangga walaupun kita gagal. Tuhan yang paling berbahagia ketika kita bahagia. Tuhan tidak pernah jauh dari kita, kitalah yang sering menjauh dari-Nya. Tetapi Tuhan tidak pernah  menolak kita ketika kita kembali mendekat. Tuhan selalu ada, karena Tuhan selalu beserta kita.

Advertisements

Published by

yonatha

I am a newbie blogger wannabe

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s